Wednesday, August 13, 2014

Kenapa pelajaran TIK dihapus di kurikulum 2013?

Kurikulum 2013

          -Siapa disini yang sekolahnya menggunakan sistem Kurikulum 2013? Kalau iya berarti sobatpunya nasib yang sama kayak saya. Salah satu yang bikin saya bingung adalah pelajaran TIK yang begitu saja menghilang entah kemana. Saya sebagai penggemar TIK merasa dirugikan, tapi ternyata dihapusnya pelajaran TIK di Kurikulum 2013 punya alasan kok sobat!



Jawaban dari Bpk. Sozo Himamura

Sozo Himamura















Beberapa alasan yang terungkap mengapa TIK/KKPI hilang dari Kurikulum 2013 ketika dialog dengan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (WAMEN) bidang Pendidikan dan Perwakilan PUSKUR (Pusat Kurikulum dan Perbukuan) diantaranya :


1. “Anak TK dan SD saja sudah bisa internetan…”
2. TIK / KKPI bisa integratif (terintegrasi) dengan mata pelajaran lain. 
3. Pembelajaran sudah seharusnya berbasis TIK (alat bantu guru dalam mengajar), bukan TIK/KKPI sebagai Mata Pelajaran khusus yang harus diajarkan.
4. Jika TIK/KKPI masuk struktur kurikulum nasional maka pemerintah berkewajiban 5. menyediakan Laboratorium Komputer untuk seluruh sekolah di Indonesia, dan pemerintah tidak sanggup untuk mengadakannya.
6. Banyak sekolah yang belum teraliri LISTRIK, jadi TIK/KKPI tidak akan bisa diajarkan juga disekolah
TIk

PERTANYAANNYA

TIK dihapus karena anak SD sudah bisa pake komputer...

Lalu

Anak SD juga sudah bisa Bahasa Indonesia...

Tapi

Kenapa pelajaran Bahasa Indonesia tidak dihapus?

TIK


Seharusnya pembelajaran abad 21 mengikuti perkembangan zaman. Anehnya pelajaran TIK baru dipraktekan di Indonesia tahun 2006 lalu tiba-tiba dihapus tahun 2013. Jikalau anak SD masih main-main dalam menggunakan komputer, kenapa tidak diserahkan pelajaran TIK ke jenjang yang lebih tinggi?

Apakah Pemerintah sudah memperhitungkan matang-matang nasib pelajar yang ahli di bidang TIK yang ingin ke bangku perguruan tinggi bidang IT?

Sudah selayaknya Pemerintah untuk kembali "membuka" pelajaran TIK di Kurikulum 2013.

Jika tidak itu sama saja "membunuh" jutaan orang yang bekerja di bidang IT/TIK, baik Guru TIK, Pelajar, dan pihak-pihak yang terkait.

   Kapan dunia IPTEK di Indonesia bisa maju???   


Referensi

[Artikel ini boleh direpost/copas dan disebarluaskan, semoga saja pihak penyelenggara kurkulum 2013 bisa membaca artikel ini dan bisa mengambil keputusan yang tepat]
Disqus Comments