Saturday, January 11, 2014

15 fakta dan keunikan dari bumi yang jarang diketahui

1. rotasi bumi
Bumi berputar pada porosnya dalam waktu 23 jam, 56 menit, 4 detik. Hari matahari adalah waktu yang diperlukan matahari kembali ke posisi meridian bervariasi sebanyak 16 menit sepanjang tahun.

2. Suhu terdingin Bumi
Suhu terdingin bumi adalah – 128,6 F. Anomali cuaca di Bumi memang seringkali terjadi. Antartika (Kutub Selatan) memiliki suhu – 100 derajat F. Namun, titik terdingin justru terjadi saat musim dingin di Vostok Station, Antartika, pada 1983 mencapai 128,6 derajat F. Sedangkan suhu terpanas terjadi pada 13 September 1922 di El Azizia, Libya dengan 136 derajat F.

3. Dari mana asal nama Bumi?
Konon, Bumi (Earth) berasal dari kata Anglo Saxon, yakni Erda yang berarti Tanah. Meskipun faktanya, 71 persen dari Bumi ini adalah Air dan menjadi satu- satunya planet di seluruh alam semesta yang memiliki cairan yang sangat berharga tersebut. Setiap planet di sistem tata surya ini dinamai dengan nama Dewa Dewi dari mitologi Yunani dan Romawi, kecuali planet tempat kita tinggal ini.

4. bulan anak bumi
Bumi dan sebagian potongannya sebelumnya meledak dan menjadi material penciptaan Bulan. Fakta menyebutkan bahwa Bulan memang memiliki kemiripan planet dan isotop logam yang sama seperti Bumi.

5. jalur orbit bulan
Bulan sendiri memiliki pusat tata surya sekitar 6.000 meter lebih dekat ke Bumi dan seharusnya itu membuat orbitnya tak menentu. Namun orbit Bulan hampir melingkar sempurna. Ada fenomena unik, yakni ketika matahari nampak 400 kali lebih besar daripada Bumi, yang membuat Matahari dan Bulan tampak berukuran
sama di langit Bumi. Ini sebuah Keesaan Tuhan yang lain.

6. titik tertinggi bumi
Adapun titik tertingi adalah gunung Everest, mencapai 8.849 mdpl. Namun, setelah fakta bahwa Bumi ini tidak bulat sempurna, maka khatulistiwa memiliki jarak lebih dekat ke bintang. Itu berarti, gunung Chimborazo di Ekuador dengan tinggi 6.267 mdpl bisa dianggap titik tertinggi. Karena apa? Gunung Chimborazo terletak di garis ekuator dengan ‘benjolan’ yang lebih tinggi dari pusat Bumi, sehingga ketinggiannya 1,5 mil lebih tinggi dari gunung Everest.

7. Daerah terpanas bumi
Tempat terpanas di muka bumi ada di El Azizia, Libya. NASA Earth Observatory mencatat, daerah ini pernah dilanda suhu hingga 57,8 derajat Celcius pada 13 September 1922.

8. Daerah terdingin di bumi
Mungkin anda berpikir jika 'penghargaan' tempat terdingin di bumi jatuh kepada Antartika yang memang terkenal sangat dingin hingga suhu bisa mencapai minus 73 derajat C. Tapi, suhu lebih rendah pernah tercatat di Vostok Station, Rusia. Pada 21 Juli 1983 suhu di tempat ini mencapai minus 89,2 derajat C.

9. Gempa terbesar
Sepanjang sejarah manusia, gempa terkuat yang pernah tercatat adalah 9,5 SR yang terjadi Chile pada 22 Mei 1960, menurut US Geological Survey (USGS).

10. Dahulu warna bumi ungu
Dulu, bumi berwarna ungu, bukan hijau seperti sekarang ini. Dugaan ini disampaikan ahli genetika mikroba asal University of Maryland, Shil DasSarma. Mikroba purba, kata dia, menggunakan molekul ketimbang klorofil untuk mengikat dan memanfaatkan sinar matahari. Proses ini memberikan rona ungu pada organisme tersebut. DasSarma menduga klorofil baru muncul setelah molekul yang sensitif cahaya yang disebut retina muncul di awal kehidupan bumi.

11. banyaknya spesies di bumi
Kita ketahui, 90 persen samudera belum ter-eksplorasi. Samudera mengandung 97 persen air dan 99 persen kehidupan. Jika sudah ada 212.906 spisies makhluk laut yang sudah kita ketahui, maka masih ada 25 juta lebih sebenarnya spisies yang belum kita ketahui.

12. Ukuran bumi
Rumah kita ini memiliki ukuran 'pinggang' yang cukup lebar. Jika mengukur garis khatulistiwa, Bumi memiliki diameter 24.901 mil atau 40.075 kilometer.

13. Bumi kembar
Bumi punya kembaran bernama Theia, yang berukuran seperti planet Mars, berada 60 derajatdi depan atau di belakang Bumi. Sore, sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

14. Bumi selalu bergerak
Anda merasa sedang berdiri dan tak bergerak. Tapi, sebenarnya manusia ikut bergerak cepat mengikuti rotasi bumi. Kecepatannya, tergantung anda berada di mana. Orang yang tinggal di garis khatulistiwa bisa
bergerak paling cepat, bisa lebih dari 1.000 mil atau 1.600 kilometer per jam!

15. satu-satunya planet berlempeng tektonik
Bumi ternyata, adalah satu-satunya planet berlempeng Tektonik, yang menurut para ilmuan terdiri dari 7 lempengan utama kerak Bumi yang bergerak ke arah berbeda sampai 4 inci per-tahunnya. (klc)

Terimakasih sudah membaca artikel saya, sebenarnya saya kumpulkan fakta diatas melalui blog tetangga sebelah hehe....tapi gpp lah..imu harus di share,,,,ya kan?? terimakasih sudah membaca 15 fakta dan keunikan dari bumi yang jarang diketahui
Disqus Comments