Wednesday, August 13, 2014

PENGERTIAN DAN CABANG-CABANG SOSIOLOGI

1.    Sosiologi Agama adalah sosiologi yang mempelajari peran agama didalam masyarakat (praktik, latar sejarah, perkembangan dan tema universal suatu agama didalam masyarakat)
2.    Sosiologi Hukum adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hukum dengan gejala-gejala social lainnya secara empiris analitis.
3.    Sosiologi Pendidikan adalah studi mengenai bagaimana institusi public dan pengalaman individu mempengaruhi pendidikan dan hasilnya, studi ini lebih mempelajari system sekolah umum dimasyarakat termasuk perluasan pendidikan tinggi, lanjutan, dewasa dan berkelanjutan.
4.    Sosiologi Keluarga adalah ilmu yang mempelajari keluarga sebagai institusi dan unit sosialisasi melalui sudut pandang sosiologi.
5.    Sosiologi ekonomi adalah sosiologi yang berhubungan dan memberikan perhatiannya kepada produksi, distribusi, pertukaran dan konsumsi dari barang ekonomi (langka) dan jasa.
6.    Sosiologi industry adalah sosiologi yang lebih menekankan perkembangan industry seiring dengan perkembangan masyarakat.
7.    Sosiologi pariwisata adalah sosiologi yang membahas hubungan diantara kekuatan (potensial pariwisata) yaitu orang, kelompok, organisasi, badan usaha kepariwisataan, masyarakat serta objek dan daya tarik pariwisata.
8.    Sosiologi pembangunan adalah sosiologi yang mempelajari cara menggerakkan masyarakat untuk mendukung pembangunan, masyarakat sebagai tenaga pembangunan dan dampak pembangunan.
9.    Sosiologi perkotaan adalah sosiologi tentang kehidupan social dan interaksi manusia di wilayah metropolitan (kota)
10.  Sosiologi pedesaan adalah sosiologi yang mempelajari hubungan manusia didalamnya dan antara kelompok-kelompok yang ada dilingkungan pedesaan (rural community)
11.  Sosiologi politik adalah sosiologi yang mempelajari hubungan antara Negara dengan masyarakat.
12.  Sosiologi budaya adalah sosiologi yang mempelajari keseluruhan kompleks yang mencakup pengetahuan dan cara-cara hidup dalam bermasyarakat
Disqus Comments