Wednesday, August 20, 2014

BAHAYA ASAP ROKOK TERHADAP LINGKUNGAN





Merokok Bisa Merusak Lingkungan
Kenikmatan menghisap rokok ternyata tidak hanya terbukti merugikan kesehatan, tapi juga mengancam lingkungan hidup. Fakta tersebut tidak dipikirkan pecandunya agar menghentikan aktifitas merokoknya. Di masyarakat kita jumlah perokok kian meningkat, ditandai juga dengan makin pesatnya pabrik rokok.
Dari proses pembuatan sampai rokok dihisap pecandunya, rokok bisa dikategorikan barang yang berdampak negatif. Perkebunan tembakau telah menggusur lahan yang berguna untuk tanaman pangan dan pohon-pohon guna penghijauan. Bila lahan tembakau digunakan untuk tanaman pangan tentunya bisa lebih berguna mencukupi kebutuhan pangan lokal dan secara global.
Kebutuhan akan kertas semakin besar sebagai penggulung dan pembungkus rokok. Mengakibatkan penebangan pohon secara semena-mena jamak terjadi tanpa memperdulikan kestabilan lingkungan. padahal pohon-pohon besar sangat efektif sebagai filter polusi udara.

1.      Rokok Mencemari Tanah, Air dan Udara.
Kepulan asap rokok sedikitnya mengandung 4.000 bahan kimia berbahaya. Udara yang segar bisa tercemari oleh zat berbahaya tersebut. Seusai merokok puntungnya dibuang di sembarang tempat tanpa menghiraukan apakah hal itu bisa merugikan lingkungan. Mungkin mereka berpikir bahan rokok bisa cepat terurai oleh tanah.
Padahal di dalam rokok terkandung juga zat-zat berbahaya yang bisa merusak tanah. Sehingga tanah menjadi tandus dan tidak subur lagi. Puntung rokok yang dibuang di daerah perairan bisa meracuni air dan membunuh organisme yang hidup di dalamnya.
2.      Rokok Sebabkan Kangker Hewan.
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kucing dan anjing dengan majikan perokok memiliki risiko terkena kanker dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan majikan yang tak memiliki majikan perokok.
Meski semua orang menyadari bahayanya menjadi perokok pasif, namun mereka tak menyadari bahwa hal tersebut juga mempengaruhi hewan peliharaan, ungkap Val Mills, ketua peneliti dari Buckinghamshire SmokeFree Support Service.
"Sebagai pemilik hewan peliharaan, aku bisa mengerti pentingnya hewan peliharaan bagi majikan. Beberapa orang tak menyadari bahwa merokok di sekitar peliharaan mereka bisa mempengaruhi kesehatan mereka," tutur Mills, seperti dilansir oleh Daily Mail (06/06).
Anjing yang sering terkena asap rokok lebih rentan terkena kanker hidung dan par-paru dibandingkan anjing yang tak pernah menghirup asap rokok. Hewan peliharaan yang lebih kecil seperti kucing dan burung juga bisa terkena pengaruhnya karena mereka sensitif terhadap asap rokok.
Penelitian sebelumnya di Tufts University juga menemukan bahwa kucing yang hidup dengan perokok lebih berkemungkinan memiliki kanker darah dan sistem kekebalan tubuh dibandingkan kucing yang tak tinggal dengan perokok.
Mills juga memperingatkan perokok agar tidak membiarkan hewan peliharaan mereka memakan rokok atau tembakau. Hal ini bisa menyebabkan keracunan yang berakibat fatal. Bagi para perokok, sebaiknya Anda jauh-jauh dari orang yang Anda sayangi dan hewan peliharaan ketika merokok, karena asap rokok yang Anda 'nikmati' bisa membunuh mereka..
Reverensi artikel :
·         http://www.merdeka.com/sehat/asap-rokok-bisa-sebabkan-kanker-pada-hewan-peliharaan.html
·         http://bangjuju.com/2013/08/31/merokok-bisa-merusak-lingkungan/
Disqus Comments