Friday, January 18, 2013

Tipe Belajar


Kenali Tipe Belajar Anda


Pendahuluan


Cara belajar seseorang adalah kombinasi dari bagaimana ia menyerap, mengatur dan mengolah informasi. Ada sebagian orang yang cenderung lebih mudah menyerap, mengatur dan mengolah informasi melalui indera penglihatan. Orang yang cenderung seperti ini memiliki tipe belajar visual. Ada sebagian orang yang cenderung lebih mudah menyerap, mengatur dan mengolah informasi melalui indera pendengaran (audio/suara). Orang yang cenderung seperti ini memiliki tipe belajar audiotory. Ada pula sebagaian orang yang cenderung lebih mudah menyerap, mengatur dan mengolah informasi melalui gerakan tubuh atau demonstrasi.Orang yang cenderung seperti ini memiliki tipe belajar kinestetik . Ada dua kenderungan lain yang mungkin hanya dimiliki sebagian kecil orang, yaitu: 1) tipe olfactory , melalui indera penciuman; dan 2) tipegustatory , melalui indera perasa.
Mengetahui karakteristik tipe belajar visual, uditori dan kinestetik akan membantu anda menemukan strategi atau cara terbaik Anda dalam belajar.





Visual


Apakah Anda suka mencorat-coret ketika berbicara ditelepon? Apakah Anda lebih suka melihat peta dari pada mendengar penjelasan tentang rute jalan? Jika Anda cenderung seperti ini, tipe belajar Anda adalah visual. Orang yang memiliki tipe belajar visual cenderung lebih mudah menyerap, mengatur dan mengolah suatu informasi melalui indera penglihatan (melihat).




Karakteristik Umum:

  • Lebih suka membaca daripada dibacakan;
  • Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada harus berpidato;
  • Mengingat dari apa yang dilihat daripada dari yang didengar;
  • Sulit untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis;
  • Sering lupa menyampaikan pesan yang sifatnya verbal (ucapan) kepada orang lain, kecuali pesan tertulis;
  • Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik;

  • Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik;
  • Teliti terhadap detail;
  • Lebih suka seni lukisan atau patung dari pada musik;
  • Membutuhkan pandangan dan tujuan yang menyeluruh dan bersikap waspada sebelum yakin tentang suatu masalah atau proyek;
Tips:

  • Jangan ragu untuk selalu membawa buku catatan, catatlah segala bentuk informasi yang ingin diketahui;
  • Kuasailah keterampilan teknik mencatat cepat dan efektif;

Auditory
Description: http://belajar.kemdiknas.go.id/images/blank.gif

Orang yang memiliki tipe belajar auditori cenderung lebih mudah menyerap, mengatur dan mengolah suatu informasi melalui indera pendengaran (mendengar). Misalnya, ia lebih suka berbicara sendiri, mengikuti ceramah/seminar daripada membaca buku, atau lebih suka berbicara dari pada menulis.

Karakteristik Umum:

  • Mudah terganggu oleh keributan;
  • Senang membaca dengan keras dan mendengarkan;
  • Pembicara atau orator yang fasih;
  • Sulit untuk menulis, tapi hebat dalam bercerita;
  • Suka berdiskusi dan menjelaskan sesuatu dengan panjang lebar;
  • Lebih suka gurauan lisan dari pada membaca komik;
  • Lebih suka seni musik daripada lukisan, atau patung;
  • Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat.

Tips:
  • Buatlah kelompok diskusi;
  • Tidak usah ragu untuk selalu membawa tape-recorder. Putar ulang informasi/pelajaran yang telah Anda dapat;
  • Jangan ragu untuk selalu bertanya atau meminta penjelasan verbal lebih jauh;
  • Carilah suatu tempat belajar khusus yang bebas dari gangguan keributan;
Kinestetik


Orang yang memiliki tipe belajar kinestetik cenderung lebih mudah menyerap, mengatur dan mengolah suatu informasi melalui sentuhan dan gerakan tubuh. Misalnya, ia lebih suka berpikir tentang sesuatu sambil berjalan (mondar-mandir), menggerak-gerakan anggota tubuh sambul berbicara/menjelaskan, atau ia paling tidak suka berlama-lama duduk dan diam.

Karakteristik Umum:
  • Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian;
  • Belajar melalui simulasi dan praktek;
  • Menghafal dengan cara berjalan-jalan;


  • Berdiri dekat ketika berbicara dengan orang;
  • Menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca;
  • Banyak menggunakan isyarat tubuh ketika bicara atau menjelaskan sesuatu;
  • Sulit mengingat tempat kecuali jika pernah ke tempat tersebut;
  • Menyukai permainan yang menyibukan;

Tips:
  • Siapkan makanan kecil ketika belajar atau mengerjakan PR;
  • Upayakan untuk mensimulasikan kembali segala sesuatu yang ingin dipelakari/kuasai;
  • Jangan ragu untuk selalu meminta guru/Anda sendiri untuk mensimulasikan atau mempraktekkan apa yang sedang dipelajari;
  • Carilah suatu tempat belajar khusus yang luas sehingga Anda dapat bebas bergerak;
Mengenal Tipe Belajar


Tipe belajar manakah yang lebih menonjol pada diri Anda? Visual, auditory ataukah kinestetik?
Dengan mengisi tes spektrum dibawah ini, Anda akan mengetahuinya!





Tes Spektrum

Tes Spektrum: Visual – Auditori – Kinestetik
Petunjuk:

  • Tes penjajakan ini terdiri atas tiga bagian, bagian I, II, dan III;
  • Anda harus mengisi semua butir dalam tes ini tanpa ada yang terlewatkan apapun jawaban yang Anda pilih;
  • Pilihlah salah satu pernyataan atau kelompok kata dengan cara meng-klick huruf A, B, atau C;
  • Sebaiknya jangan terlalu lama dalam memutuskan pilihan untuk menghindari bias keyakinan atas pilihan Anda;
  • Jangan hiraukan makna kalimat/kata-katanya, yang terpenting adalah tanggapan Anda ketika membandingkan antara A, B, atau C;
  • Usahakan 5 menit saja untuk menyelesaikan ketiga bagian tes ini;
  • Tes ini bukan ujian, tapi hanya sekedar untuk mengenali tipe belajar Anda dan untuk diri Anda sendiri.
Lembar Jawaban
Tes Spektrum: Visual – Auditori – Kinestetik
Sebelum Anda menjawab terlebih dahulu siapkan lembar jawaban pada sehelai kertas sebagai berikut :

Lembar Jawaban

1.
A
B
C
10.
B
A
C
2.
A
B
C
11.
B
A
C
3.
A
B
C
12.
B
A
C
4.
A
B
C
13.
B
A
C
5.
A
B
C
14.
B
A
C
6.
A
B
C
15.
B
A
C
7.
A
B
C
16.
B
A
C
8.
A
B
C
17.
B
A
C
9.
A
B
C
18.
B
A
C
10.
A
B
C
20.
B
A
C

21.
B
A
C
22.
B
A
C
23.
B
A
C
24.
B
A
C
25.
B
A
C

Bagian Pertama
Bagian Pertama
Lingkari jawaban A, B, atau C pada sehelai kertas yang telah Anda siapkan !
1.
A.
Deru angin menyadarkan saya bahwa angin sepoi-sepoi masih berlangsung di luar, di kejauhan sana saya dapat mendengar suara gemuruh kereta.

B.
Saya dapat melihat sekelompok bunga-bunga di taman warnanya berkelap-kelip berkemilauan dibawah sinar matahari dan keteduhan, tangkai-tangkai bergoyangan dihembus angin sepoi-sepoi.

C.
Ketika saya sedang berlari saya dapat merasakan angin dipunggung saya, darah mengalir ke seluruh urat nadi dan membuat saya menjadi sigap.

2.
A.
Saya suka kehangatan dimalam hari yang dingin, saya suka duduk diteoi perapian di ruang yang nyaman dengan ditemani minuman yang hangat.

B.
Seorang anak berbicara dengan telepon mainan seolah-olah berbicara dengan seorang teman, mendengarkan pembicaraan yang lembut sayup-sayup dapat mendengar celoteh anak yang satunya lagi.  

C.
Pemandangan yang luar biasa, pemandangan yang paling indah yang pernah saya lihat, panorama yang begitu indah terlihat dibawah sinar matahari yang berkilauan.

3.
A.
Mereka begitu terkejut ketika melihat ada orang lain di pantai. Dari wajah mereka, beberapa orang diantaranya tercermin seolah-olah mereka mengenal.

B.
Saya berhenti melakukan sampai saya dibantu agar semangat kembal untuk melakukan tugas. Saya merasa lebih kuat ketika saya sudah berdiri dan tubuh daya terasa begitu hangat.

C.
Orang akan mengekspresikan sesuatu secara verbal bila Anda dapat membicarakan hobinya. Anda dapat mendengar antusias mereka meningkat ketika membicarakan hal tersebut dan pada umumnya lebih lancar .

4.
A.
Tanggapan yang diterima oleh si pembicara menandakan bahwa dia berkomunikasi lebih efektif. Para hadirin lebih terhanyut dengan mendengarkannya.  

B.
Saya ingin mengerti bagaimana perasaan orang sebenarnya menerima apa adanya, menciptakan suasana yang disenangi mereka.

C.
Setiap orang terhanyut oleh emosinya masing-masing yang berkembang karena interaksi-interaksi, sebagian orang merasa tertekan dan menghadapinya dengan tenang yang lainnya merasa tegang. Mereka akan sigap menghadapi sensasi-sensasi baru.

5.
A.
Orang yang kreatif, artistik peka terhadap keindahan-keindahan. Mereka lebih peka dalam hal bentuk-bentuk daripada mereka melihat keseluruhan di sekelilingnya dapat mempengaruhi suasana.

B.
Mereka mendengar musik seolah-olah baru mendengarkannya. Stipa perubahan nada/lirik lagu dapat dengan mudah diketahuinya. Suara atau alunan musik terdengar diseluruh ruangan, dengung suara menggetarkannya..

C.
Semua orang terhanyut oleh emosinya masing-masing yang berkembang karena interaksi-interaksi, sebagian orang merasa tertekan dan menghadapinya dengan tenang yang lainnya merasa tegang. Mereka akan sigap menghadapi sensasi-sensasi baru. 

Bagian Kedua
Bagian Kedua
6.
A.
Menyaksikan
Melihat
B.
Wawancara Mendengar
C.
Menyentuh
Merasa







7.
A.
Merasakan Mendengar
B.
Memandang Mengintip
C.
Diskusi
Menyahut







8.
A.
Mengutarakan Mengumandangkan
B.
Warna kulit Pegangan
C.
Memamerkan Menginspeksi







9.
A.
Menatap
Memandang
B.
Pendengaran
Nada
C.
Mendukung
Cemberut







10.
A.
Mendering Mendentang Drum
B.
Gerakan
Gesekan
C.
Berkilau Kaca/Pandangan







11
A.
Mimpi
Ilusi
B.
Mendengar Ketenangan
C.
Gerakan
Kelembutan







12.
A.
Mendengar
Merekam
B.
Memegang Mencengkram
C.
Terang/Muncul
Lukisan







13.
A.
Perasaan
Otot-otot
B.
Buku
Warna Ungu
C.
Terdengar Bunyi Klakson







14.
A.
Muncul
Terlihat
B.
Nada Deru
C.
Bergerak/Tangguh Bereaksi







15.
A.
Terdengar
Melody
B.
Halus
Merenggut
C.
Kemilau
Penglihatan








Lingkari jawaban A, B, atau C pada sehelai kertas yang telah Anda siapkan !

Bagian Ketiga
Bagian Ketiga
16.
A.
Terlihat
17.
A.
Dengarkan
18.
A.
Bergandengan

B.
Terdengar Jelas

B.
Bantulah Saya

B.
Bertatap muka

C.
Tergenggam Kuat

C.
Amatilah

C.
Berdiskusi









19.
A.
Terlihat oleh saya
20.
A.
Mengejar
/berkejaran
21.
A.
Cerewet

B.
Terdengar oleh saya

B.
Berkilauan
terang

B.
Tertangkap

C.
Tersentuh oleh saya

C.
Gemuruh petir

C.
Picik









22.
A.
Saya dapat melihat
23.
A.
Bergantungan
24.
A.
Nyaring seperti bunyi bel

B.
Saya dapat mendengar

B.
Seindah suara burung

B.
Sehalus sutera

C.
Saya dapat menyentuh

C.
Terdengar dengan jelas

C.
Secerah hari ini









25.
A.
Lihatlah







B.
Dengarkan







C.
Tangkaplah
















Lingkari jawaban A, B, atau C pada sehelai kertas yang telah Anda siapkan !

Penskoran
Penskoran
Lihatlah jawaban Anda pada kertas jawaban yang telah Anda isi :
  • Hitunglah skor kolom 1, yaitu jumlah huruf A ( nomor 1 - 10 ) dan huruf B ( 11 - 25 ) yang Anda lingkari;
  • Hitunglah skor kolom 2, yaitu jumlah huruf B ( nomor 1 - 10 ) dan huruf A ( 11 - 25 ) yang Anda lingkari;
  • Hitunglah skor kolom 3, yaitu jumlah huruf C ( nomor 1 - 25 ) yang telah Anda lingkari;
  • Kolom manakah yang terdapat skor paling banyak ?
  • Jika skor paling banyak adalah kolom 1, maka tipe belajar paling dominan Anda adalah AUDITORI;
  • Jika skor paling banyak adalah kolom 2, maka tipe belajar paling dominan Anda adalah VISUAL;
  • Jika skor paling banyak adalah kolom 3, maka tipe belajar paling dominan Anda adalah KINESTETIK;
  • Jumlah skor paling banyak kedua, menunjukkan tipe belajar sekunder Anda; dan
  • Jumlah skor paling banyak ketiga, menunjukkan tipe belajar sekunder Anda.

SeLamat Mencoba !...

sumber : Rumah Belajar.
Disqus Comments