| 
Kenali   Tipe Belajar Anda | 
   | 
 | 
   | 
 | 
   | 
Pendahuluan | 
   | 
 | 
   | 
 
     | 
       | 
 Cara       belajar seseorang adalah kombinasi dari bagaimana ia menyerap, mengatur       dan mengolah informasi. Ada sebagian orang yang cenderung lebih mudah       menyerap, mengatur dan mengolah informasi melalui indera penglihatan.       Orang yang cenderung seperti ini memiliki tipe belajar visual. Ada       sebagian orang yang cenderung lebih mudah menyerap, mengatur dan mengolah       informasi melalui indera pendengaran (audio/suara). Orang yang cenderung       seperti ini memiliki tipe belajar audiotory. Ada pula sebagaian       orang yang cenderung lebih mudah menyerap, mengatur dan mengolah       informasi melalui gerakan tubuh atau demonstrasi.Orang yang cenderung       seperti ini memiliki tipe belajar kinestetik . Ada dua kenderungan lain       yang mungkin hanya dimiliki sebagian kecil orang, yaitu: 1) tipe olfactory ,       melalui indera penciuman; dan 2) tipegustatory , melalui       indera perasa. Mengetahui karakteristik tipe belajar visual, uditori dan kinestetik akan       membantu anda menemukan strategi atau cara terbaik Anda dalam belajar.
 
 | 
 |         | 
 |         | 
 |  |  
 | 
   | 
Visual | 
   | 
 | 
   | 
 
     | 
Apakah Anda suka mencorat-coret ketika berbicara ditelepon?     Apakah Anda lebih suka melihat peta dari pada mendengar penjelasan tentang     rute jalan? Jika Anda cenderung seperti ini, tipe belajar Anda adalah     visual. Orang yang memiliki tipe belajar visual cenderung lebih mudah     menyerap, mengatur dan mengolah suatu informasi melalui indera penglihatan     (melihat). |       | 
 |       | 
 
 
 
Karakteristik Umum: |       | 
 |       | 
       | 
Lebih suka membaca daripada dibacakan;Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada harus            berpidato;Mengingat dari apa yang dilihat daripada dari yang            didengar;Sulit untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika            ditulis;Sering lupa menyampaikan pesan yang sifatnya verbal            (ucapan) kepada orang lain, kecuali pesan tertulis;Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik; | 
 |         | 
Perencana dan pengatur jangka panjang yang baik;Teliti terhadap detail;Lebih suka seni lukisan atau patung dari pada musik;Membutuhkan pandangan dan tujuan yang menyeluruh dan            bersikap waspada sebelum yakin tentang suatu masalah atau proyek; |  |       | 
Tips: |       | 
 |       | 
       | 
Jangan ragu untuk selalu membawa buku catatan, catatlah            segala bentuk informasi yang ingin diketahui;Kuasailah keterampilan teknik mencatat cepat dan            efektif; | 
 |  |  | 
   | 
Auditory | 
   |  | 
   | 
 
     | 
Orang yang memiliki tipe belajar auditori cenderung lebih     mudah menyerap, mengatur dan mengolah suatu informasi melalui indera     pendengaran (mendengar). Misalnya, ia lebih suka berbicara sendiri,     mengikuti ceramah/seminar daripada membaca buku, atau lebih suka berbicara     dari pada menulis. |       | 
 |       | 
Karakteristik Umum: |       | 
 |       | 
       | 
Mudah terganggu oleh keributan;Senang membaca dengan keras dan mendengarkan;Pembicara atau orator yang fasih;Sulit untuk menulis, tapi hebat dalam bercerita;Suka berdiskusi dan menjelaskan sesuatu dengan panjang            lebar;Lebih suka gurauan lisan dari pada membaca komik;Lebih suka seni musik daripada lukisan, atau patung;Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang            didiskusikan daripada yang dilihat. | 
 |  |       | 
Tips: |       | 
Buatlah          kelompok diskusi;Tidak          usah ragu untuk selalu membawa tape-recorder. Putar ulang          informasi/pelajaran yang telah Anda dapat;Jangan          ragu untuk selalu bertanya atau meminta penjelasan verbal lebih jauh;Carilah          suatu tempat belajar khusus yang bebas dari gangguan keributan; |  | 
   | 
Kinestetik | 
   | 
 | 
   | 
 
     | 
Orang yang memiliki tipe belajar kinestetik cenderung lebih     mudah menyerap, mengatur dan mengolah suatu informasi melalui sentuhan dan     gerakan tubuh. Misalnya, ia lebih suka berpikir tentang sesuatu sambil     berjalan (mondar-mandir), menggerak-gerakan anggota tubuh sambul     berbicara/menjelaskan, atau ia paling tidak suka berlama-lama duduk dan     diam. |       | 
 |       | 
Karakteristik Umum: |       | 
       | 
Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian;Belajar melalui simulasi dan praktek;Menghafal dengan cara berjalan-jalan; |         |  |         | 
Berdiri dekat ketika berbicara dengan orang;Menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca;Banyak menggunakan isyarat tubuh ketika bicara atau            menjelaskan sesuatu;Sulit mengingat tempat kecuali jika pernah ke tempat            tersebut;Menyukai permainan yang menyibukan; |  |       | 
 |       | 
Tips: |       | 
       | 
Siapkan makanan kecil ketika belajar atau mengerjakan            PR;Upayakan untuk mensimulasikan kembali segala sesuatu            yang ingin dipelakari/kuasai;Jangan ragu untuk selalu meminta guru/Anda sendiri            untuk mensimulasikan atau mempraktekkan apa yang sedang dipelajari;Carilah suatu tempat belajar khusus yang luas sehingga            Anda dapat bebas bergerak; |  |  | 
   | 
Mengenal Tipe Belajar | 
   | 
 | 
   | 
 
     | 
Tipe belajar manakah yang lebih menonjol pada diri Anda?     Visual, auditory ataukah kinestetik?Dengan mengisi tes spektrum dibawah ini, Anda akan mengetahuinya!
 |       | 
 |       |  |       | 
 |       | 
 |  | 
   | 
Tes Spektrum | 
   | 
 | 
   | 
Tes   Spektrum: Visual – Auditori – Kinestetik 
     | 
Petunjuk: |       | 
 |       | 
Tes          penjajakan ini terdiri atas tiga bagian, bagian I, II, dan III;Anda          harus mengisi semua butir dalam tes ini tanpa ada yang terlewatkan          apapun jawaban yang Anda pilih;Pilihlah          salah satu pernyataan atau kelompok kata dengan cara meng-klick huruf          A, B, atau C;Sebaiknya          jangan terlalu lama dalam memutuskan pilihan untuk menghindari bias          keyakinan atas pilihan Anda;Jangan          hiraukan makna kalimat/kata-katanya, yang terpenting adalah tanggapan          Anda ketika membandingkan antara A, B, atau C;Usahakan          5 menit saja untuk menyelesaikan ketiga bagian tes ini;Tes          ini bukan ujian, tapi hanya sekedar untuk mengenali tipe belajar Anda          dan untuk diri Anda sendiri. |  | 
   | 
     | 
Lembar Jawaban |       | 
Tes Spektrum: Visual – Auditori –     Kinestetik 
       | 
Sebelum Anda menjawab terlebih dahulu siapkan lembar jawaban       pada sehelai kertas sebagai berikut : |         | 
 |         | 
Lembar Jawaban |         | 
 |         | 
         | 
1. | 
A | 
B | 
C | 
10. | 
B | 
A | 
C |           | 
2. | 
A | 
B | 
C | 
11. | 
B | 
A | 
C |           | 
3. | 
A | 
B | 
C | 
12. | 
B | 
A | 
C |           | 
4. | 
A | 
B | 
C | 
13. | 
B | 
A | 
C |           | 
5. | 
A | 
B | 
C | 
14. | 
B | 
A | 
C |           | 
6. | 
A | 
B | 
C | 
15. | 
B | 
A | 
C |           | 
7. | 
A | 
B | 
C | 
16. | 
B | 
A | 
C |           | 
8. | 
A | 
B | 
C | 
17. | 
B | 
A | 
C |           | 
9. | 
A | 
B | 
C | 
18. | 
B | 
A | 
C |           | 
10. | 
A | 
B | 
C | 
20. | 
B | 
A | 
C |           | 
 | 
21. | 
B | 
A | 
C |           | 
22. | 
B | 
A | 
C |           | 
23. | 
B | 
A | 
C |           | 
24. | 
B | 
A | 
C |           | 
25. | 
B | 
A | 
C |  |  |       |  |  | 
   | 
     | 
Bagian Pertama |       | 
Bagian Pertama 
Lingkari jawaban A, B, atau C     pada sehelai kertas yang telah Anda siapkan ! 
       | 
         | 
1. | 
A. | 
Deru angin menyadarkan saya bahwa angin sepoi-sepoi masih         berlangsung di luar, di kejauhan sana saya dapat mendengar suara         gemuruh kereta. |           | 
 | 
B. | 
Saya dapat melihat sekelompok bunga-bunga di taman         warnanya berkelap-kelip berkemilauan dibawah sinar matahari dan         keteduhan, tangkai-tangkai bergoyangan dihembus angin sepoi-sepoi. |           | 
 | 
C. | 
Ketika saya sedang berlari saya dapat merasakan angin         dipunggung saya, darah mengalir ke seluruh urat nadi dan membuat saya         menjadi sigap. |  |  
 
       | 
         | 
2. | 
A. | 
Saya suka kehangatan dimalam hari yang dingin, saya suka         duduk diteoi perapian di ruang yang nyaman dengan ditemani minuman yang         hangat. |           | 
 | 
B. | 
Seorang anak berbicara dengan telepon mainan seolah-olah berbicara         dengan seorang teman, mendengarkan pembicaraan yang lembut sayup-sayup         dapat mendengar celoteh anak yang satunya lagi.   |           | 
 | 
C. | 
Pemandangan yang luar biasa, pemandangan yang paling indah         yang pernah saya lihat, panorama yang begitu indah terlihat dibawah         sinar matahari yang berkilauan. |  |  
 
       | 
         | 
3. | 
A. | 
Mereka begitu terkejut ketika melihat ada orang lain di         pantai. Dari wajah mereka, beberapa orang diantaranya tercermin         seolah-olah mereka mengenal. |           | 
 | 
B. | 
Saya berhenti melakukan sampai saya dibantu agar semangat         kembal untuk melakukan tugas. Saya merasa lebih kuat ketika saya sudah         berdiri dan tubuh daya terasa begitu hangat. |           | 
 | 
C. | 
Orang akan mengekspresikan sesuatu secara verbal bila Anda         dapat membicarakan hobinya. Anda dapat mendengar antusias mereka         meningkat ketika membicarakan hal tersebut dan pada umumnya lebih         lancar . |  |  
 
       | 
         | 
4. | 
A. | 
Tanggapan yang diterima oleh si pembicara menandakan bahwa         dia berkomunikasi lebih efektif. Para hadirin lebih terhanyut dengan         mendengarkannya.   |           | 
 | 
B. | 
Saya ingin mengerti bagaimana perasaan orang sebenarnya         menerima apa adanya, menciptakan suasana yang disenangi mereka. |           | 
 | 
C. | 
Setiap orang terhanyut oleh emosinya masing-masing yang         berkembang karena interaksi-interaksi, sebagian orang merasa tertekan         dan menghadapinya dengan tenang yang lainnya merasa tegang. Mereka akan         sigap menghadapi sensasi-sensasi baru. |  |  
 
       | 
         | 
5. | 
A. | 
Orang yang kreatif, artistik peka terhadap         keindahan-keindahan. Mereka lebih peka dalam hal bentuk-bentuk daripada         mereka melihat keseluruhan di sekelilingnya dapat mempengaruhi suasana. |           | 
 | 
B. | 
Mereka mendengar musik seolah-olah baru mendengarkannya.         Stipa perubahan nada/lirik lagu dapat dengan mudah diketahuinya. Suara         atau alunan musik terdengar diseluruh ruangan, dengung suara         menggetarkannya.. |           | 
 | 
C. | 
Semua orang terhanyut oleh emosinya masing-masing yang         berkembang karena interaksi-interaksi, sebagian orang merasa tertekan         dan menghadapinya dengan tenang yang lainnya merasa tegang. Mereka akan         sigap menghadapi sensasi-sensasi baru.  |  |  |       |  |  | 
   | 
     | 
Bagian Kedua |       | 
Bagian Kedua 
       | 
         | 
6. | 
A. | 
MenyaksikanMelihat
 | 
B. | 
Wawancara Mendengar | 
C. | 
MenyentuhMerasa
 |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
7. | 
A. | 
Merasakan Mendengar | 
B. | 
Memandang Mengintip | 
C. | 
DiskusiMenyahut
 |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
8. | 
A. | 
Mengutarakan Mengumandangkan | 
B. | 
Warna kulit Pegangan | 
C. | 
Memamerkan Menginspeksi |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
9. | 
A. | 
MenatapMemandang
 | 
B. | 
PendengaranNada
 | 
C. | 
MendukungCemberut
 |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
10. | 
A. | 
Mendering Mendentang Drum | 
B. | 
GerakanGesekan
 | 
C. | 
Berkilau Kaca/Pandangan |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
11 | 
A. | 
MimpiIlusi
 | 
B. | 
Mendengar Ketenangan | 
C. | 
GerakanKelembutan
 |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
12. | 
A. | 
MendengarMerekam
 | 
B. | 
Memegang Mencengkram | 
C. | 
Terang/MunculLukisan
 |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
13. | 
A. | 
PerasaanOtot-otot
 | 
B. | 
BukuWarna Ungu
 | 
C. | 
Terdengar Bunyi Klakson |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
14. | 
A. | 
MunculTerlihat
 | 
B. | 
Nada Deru | 
C. | 
Bergerak/Tangguh Bereaksi |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
15. | 
A. | 
TerdengarMelody
 | 
B. | 
HalusMerenggut
 | 
C. | 
KemilauPenglihatan
 |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |  |         | 
 |         | 
Lingkari jawaban A, B, atau C pada sehelai kertas yang telah       Anda siapkan ! |  |       |  |  | 
   | 
     | 
Bagian Ketiga |       | 
Bagian Ketiga 
       | 
         | 
16. | 
A. | 
Terlihat | 
17. | 
A. | 
Dengarkan | 
18. | 
A. | 
Bergandengan |           | 
 | 
B. | 
Terdengar Jelas | 
 | 
B. | 
Bantulah Saya | 
 | 
B. | 
Bertatap muka |           | 
 | 
C. | 
Tergenggam Kuat | 
 | 
C. | 
Amatilah | 
 | 
C. | 
Berdiskusi |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
19. | 
A. | 
Terlihat oleh saya | 
20. | 
A. | 
Mengejar/berkejaran
 | 
21. | 
A. | 
Cerewet |           | 
 | 
B. | 
Terdengar oleh saya | 
 | 
B. | 
Berkilauanterang
 | 
 | 
B. | 
Tertangkap |           | 
 | 
C. | 
Tersentuh oleh saya | 
 | 
C. | 
Gemuruh petir | 
 | 
C. | 
Picik |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
22. | 
A. | 
Saya dapat melihat | 
23. | 
A. | 
Bergantungan | 
24. | 
A. | 
Nyaring seperti bunyi bel |           | 
 | 
B. | 
Saya dapat mendengar | 
 | 
B. | 
Seindah suara burung | 
 | 
B. | 
Sehalus sutera |           | 
 | 
C. | 
Saya dapat menyentuh | 
 | 
C. | 
Terdengar dengan jelas | 
 | 
C. | 
Secerah hari ini |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
25. | 
A. | 
Lihatlah | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
 | 
B. | 
Dengarkan | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
 | 
C. | 
Tangkaplah | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |           | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 |  |         | 
 |         | 
Lingkari jawaban A, B, atau C pada sehelai kertas yang telah       Anda siapkan ! |  |       |  |  | 
   | 
     | 
Penskoran |       | 
Penskoran 
       | 
Lihatlah jawaban Anda pada kertas jawaban yang telah Anda       isi : |         | 
Hitunglah skor kolom 1, yaitu jumlah huruf A ( nomor 1            - 10 ) dan huruf B ( 11 - 25 ) yang Anda lingkari;Hitunglah skor kolom 2, yaitu jumlah huruf B ( nomor 1            - 10 ) dan huruf A ( 11 - 25 ) yang Anda lingkari;Hitunglah skor kolom 3, yaitu jumlah huruf C ( nomor 1            - 25 ) yang telah Anda lingkari;Kolom manakah yang terdapat skor paling banyak ?Jika skor paling banyak adalah kolom 1, maka tipe            belajar paling dominan Anda adalah AUDITORI;Jika skor paling banyak adalah kolom 2, maka tipe            belajar paling dominan Anda adalah VISUAL;Jika skor paling banyak adalah kolom 3, maka tipe            belajar paling dominan Anda adalah KINESTETIK;Jumlah skor paling banyak kedua, menunjukkan tipe            belajar sekunder Anda; danJumlah skor paling banyak ketiga, menunjukkan tipe            belajar sekunder Anda. |         | 
 |         | 
SeLamat Mencoba !... |  |  |